01 Januari, 2009

Sudahkah Anda Backup Artikel Blog Anda?

Asiknya punya blog gratisan .. seperti blog saya ini. Tinggal create account, kita langsung bisa mulai membuat tulisan pertama .. kedua .. ketiga .. dan seterusnya. Tapi apakah anda menyadari bahwa kita tidak sepenuhnya memiliki kontrol atas blog kita? Pemilik Blogspot bisa saja sewaktu-waktu menutup blog kita. Apa jadinya kalau artikel kita yang sudah kita buat selama ini hilang begitu saja? Hmm .. nggak kebayang kan semuanya jadi sia-sia. Karena itu ada baiknya kita menyiapkan payung sebelum hujan.

Memperkenalkan My Wordpress, diajengany.wordpress.com

Jika teman-teman sebelumnya memiliki artikel di Blogspot, maka teman-teman bisa melakukan backup artikel ke Wordpress seperti yang saya lakukan selama ini. Caranya sangat mudah karena Wordpress memberikan fasilitas export & impor artikel dari dan ke Wordpress.

1. Sebelumnya silakan create account dulu di Wordpress
2. Setelah memiliki account, silakan login ke wordpress.com
3. Pada layar Dasbor, pilih menu “Tools”
4. Pilih menu “Import” atau “Impor”
5. Pilih “Blogger” untuk Blogspot atau pilihan lain sesuai lokasi artikel teman-teman saat ini
6. Klik “Authorize” atau “Beri Kuasa”
7. Berikutnya akan muncul tanda login Google account, silakan input ID dan password blogspot yang akan diimpor
8. Klik “Grant Access”
9. Klik impor dan tunggu sampai muncul pesan “Success” atau “Berhasil” dari wordpress

Maka sekarang artikel kita sudah ter-back up di Wordpress, untuk sementara aman! Saya persilakan juga loh buat teman-teman kalau ingin mengunjungi My Wordpress di diajengany.wordpress.com .. you are always welcome here or there .. :)

Untuk teman-teman yang saat ini menggunakan Wordpress sebagai main blog-nya, maka backup sesama Wordpress juga sudah bisa dilakukan, demikian juga backup artikel di Wordpress ke Computer kita. Selamat menyiapkan payung untuk blog kita !!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

pengen pindah wordpress, tapi entar kalo udah ada duit buat hosting ma domain, huehehehehhe

salam kenal mbak :D

diajeng any mengatakan...

Itu juga mantabs, karena kalo WP gratisan ndak flexible bangetz buat diutak-atik. Tapi kalo sekedar untuk backup artikel saja, pake yg gratisan saja cukup :) Selamat bikin hosting baru Bias !! Salam kenal kembali .. thx dah mampir :)

Rifki mengatakan...

surely will dooo!
thanks 4 the idea and tips :)

Posting Komentar